Rabu, 23 November 2016

First Meet

Apa yang bikin kita dikenal saat pertama berjumpa ?


        Don’t judge book by the cover, sebuah pepatah yang sering sekali kita dengar.  Memberi peringatan kepada kita semuanya bahwa jangan menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja, melainkan kita juga harus melihat sisi dalam dari seseorang yaitu kepribadiannya. Namun, apakah kita bias serta merta melakukan itu semua ?
        Hallo effect, dalam ilmu psikologi menjelaskan bahwa kesan pertama dari seseorang dapat mempengaruhi cara berpikir tentang lawan bicaranya. Penelitian yang dilakukan oleh T. Higgins, WS. Rholes dan CR. Jones adalah dengan membagi 2 kelompok subyek penelitian. Kelompok subyek pertama diberi kata-kata negative seperti sembrono, cerewet, angkuh, sombong, dll. Kelompok subyek kedua diberi kata-kata positif seperti percaya diri, semangat, gigih, mandiri, dll. Setelah itu mereka dipertemukan oleh orang lain.
           Hasilnya adalah kelompok subyek pertama (negative) ketika dipertemukan oleh orang lain akan cenderung memandang orang itu memiliki karakter negative. Sebaliknya kelompok subyek keua (positif) ketika dipertemukan dengan orang lain, cenderung memandang orang tersebut memiliki karakter yang positif.
Related image

           Bagaimana, menarik bukan ? dan sekarang, tentunya kita semua tahu bagaimana cara memperoleh kesan pertama yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pandangan Pertama Template by Ipietoon Cute Blog Design